5 Perusahaan yang menerapkan E-commerce serta masing-masing kekuatan-kelemahan dan peluang-ancaman yang dihadapi oleh perusahaan tersebut dalam penerapan E-commerce
1 PT.Telkom Indonesia
Penyedia layanan e-Commerce di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 159 juta orang lainnya Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya pemain di e-Commerce maka portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak usaha Telkom PT Metranet diharapkan dapat turut menggairahkan e-commerce di Tanah Air.
Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.
Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.
Kelemahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam menerapkan e-commerce adalah :
- Kita tahu pada dasarnya electronic commerce (e-commerce) adalah sarana pemasaran yang menggunakan media elektronik (internet), jadi hal yang sangat kita butuhkan adalah layanan dan akses internet. Keterbatasan akses internet akan menghambat perkembangan e-commerce, hal yang dulu mengakibatkan terabainya e-commerce, namun sekarang kita dapat merasakan efek perkembangan internet di Indonesia, akses internet semakin murah dan cepat, ini terjadi karena persaingan antar provider, dan justru hal inilah yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet.
Kekuatan yang dihadapi perusahaan adalah :
- Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication. Portel itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam negeri serta meningkatkan enterpreneurship melalui penyediaan platform online shopping.
Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan.
Peluang yang dihadapi perusahaan adalah :
- Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
- Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
Ancaman yang dihadapi perusahaan adalah :
- permasalahan dan penghambat perkembangan e-commerce di Indonesia adalah kebiasaan, masyarakat kita belum terbiasa untuk melakukan transaksi di dunia maya. Masalah selanjutnya adalah dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia kemungkinan masih banyak yang belum pernah bertransaksi melalui internet karena belum percaya akan keamanan transaksi. Apalagi dengan sering terjadinya penipuan di dunia nyata. Selanjutnya masalah dari belum jelasnya hukum di dunia digital, seperti bagaimana itu uang digital, tanda tangan digital dan bagaimana hukum yang berlaku jika terjadi kejahatan.
2 Salah satu contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka.
Kelebihan yang dihadapi perusahaan dalam penerapan e-commerce :
- Pilihan Produk Berkualitas yang beragam.
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.
- Penawaran Khusus atau Promo Produk.
Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
Kelemahan yang dihadapi perusahaan :
- Barang tidak bisa dipegang secara langsung, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan / beda dengan yang ditampilkan.
Peluang yang dihadapi perusahaan :
- Dapat menghasilkan produk baru yang banyak diminati customer / permintaan dari customer, jika produk sesuai, bagus dan memuaskan konsumen otomatis akan laris terjual.
Ancaman yang dihadapi perusahaan :
- Dikhawatirkan adanya pembuatan website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara global, tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya perusakan/pemanipulasian data dan tentu akan berdampak pada berkembangnya aktivitas ekonomi.
3 PT Keramika Indonesia Assosiasi (KIA)
PT Keramika Indonesia Assosiasi (KIA) didirikan pada 1953. Pada awalnya, pabrik hanya memproduksi beberapa jenis peralatan makan dengan kapasitas yang sangat kecil di Tanjung Pandang, Belitung. Namun, mulai tahun 1968, KIA adalah produsen utama berkualitas tinggi ubin keramik dinding (termasuk aksesorisnya), saat ini dengan 725 kinerja tinggi dan staf terlatih, dengan merek KIA, Impresso dan SPECTRA, yang dapat membawa pengakuan pasar kualitas produk baik dari dalam negeri dan luar negeri meliputi Asia, Eropa dan Amerika Serikat. Saat ini, pabrik KIA yang terletak di Jawa Barat dan Jawa Timur. Untuk dinding dan lantai ubin, diproduksi di Cileungsi, Bogor dan Karawang, Jawa Barat; sementara genteng diproduksi di Cileungsi, Bogor dan Gresik, Jawa Timur.
Kelebihan yang dihadapi perusahaan :
- Pelangggan dapat mengunjungi www.kiaceramics.com untuk memesan barang yang diinginkan. Dalam web ini tersedia fasilitas search apabila pelanggan mengalami kesulitan dalam mencari barang yang diinginkan. Selain itu pelanggan dapat langsung memesan produk yang diinginkan secara online.
Kekuatan yang dihadapi perusahaan :
- KIA adalah produsen utama berkualitas tinggi ubin keramik dinding (termasuk aksesorisnya), saat ini dengan 725 kinerja tinggi dan staf terlatih, dengan merek KIA, Impresso dan SPECTRA, yang dapat membawa pengakuan pasar kualitas produk baik dari dalam negeri dan luar negeri meliputi Asia, Eropa dan Amerika Serikat.
- KIA memiliki komitmen penuh dalam menyediakan tidak hanya kualitas produk, tetapi peduli untuk pelanggan dan lingkungan juga.
4 PT Gapura Jaya Graphindo
PT Gapura Jaya Graphindo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin dan alat-alat percetakan, seperti: mesin laminating, mesin blueprint, mesin pemotong, glossy paper, kertas film, toner dan lain-lain.
Kelemahan yang dihadapi perusahaan :
- Cara pemasaran saat ini masih melalui mulut ke mulut atau dengan menyebar katalog. Belum pernah terdapat suatu web yang menampilkan infomasi dari produk-produk tersebut.
- Penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi di bidang penjualan mesin ini masih belum optimal, terbukti dengan masih banyaknya klien yang harus datang langsung ke kantor untuk melakukan pemesanan.
- Info mengenai produk juga tidak update, sehingga klien masih sulit untuk mengetahui mengenai produk baru atau produk yang mereka inginkan.
Kekuatan yang dihadapi perusahaan :
- Setelah dibuatnya sebuah aplikasi e-commerce untuk memudahkan klien dalam bertransaksi karena klien dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian hanya dengan menggunakan internet, selain itu PT Gapura Jaya Graphindo juga dapat meminimalkan biaya operasional dan dapat memaksimalkan publikasi mengenai produk-produk mereka. Terdapat beberapa manfaat dalam pembuatan website e-commerce ini, antara lain dapat menyediakan informasi mengenai katalog produk dan menangani transaksi pembelian secara online serta membuat laporan penjualan bulanan.
5 Toko Bagus
Situs yang sedang gencar-gencarnya menayangkan iklannya di hampir semua stasiun televisi swasta ini semakin menambah lebar skala penggunanya. Meskipun sebetulnya sangat banyak toko-toko online yang serupa dengan toko bagus tapi tidak di
pungkiri juga sudah banyak sekali para pelaku pasar yang mencoba menjajakan barang dagangannya via online dengan memasang iklan di www.tokobagus.com.
Peluang yang dimiliki oleh perusahaan adalah :
- Buat para pemasang iklan yang memasarkan barang dagangannya di toko bagus tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Hal inilah yang dijadikan sebuah peluang oleh para calon pengguna yang kebetulan ingin mempromosikan barang bekas yang masih layak pakai di situs jual beli aman dan cepat ini.
Ancaman yang dihadapi oleh perusahaan adalah :
- Dari peluang diatas, dapat juga dikatakan sebagai ancaman bagi Toko Bagus itu sendiri, karena begitu mudah, aman dan cepat untuk membuat bisnis online, jadi banyak calon pengguna yang ingin memasarkan barang dagangannya dengan syarat yang lebih mudah dari pada Toko Bagus.
0 comments:
Post a Comment